ERP Impelementation

April 23, 2012 Tinggalkan komentar

Banyak implementasi system erp diindonesia yang mengalami kegagalan, termasuk juga penulis yang pernah mengalami kegagalan implementasi erp system disebuah holding ternama diindonesia. Buruk nya Project Management merupakan alasan utama kegagalan implementasi erp system. Kalau boleh saya merinci penyebab kegagalan implementasi erp system adalah :

  1. Unrealistic Plans
  2. No Clear Responsibility
  3. Poor Communications
  4. No Continuation
  5. No Visibility
  6. No contingency plan
  7. Unclear Priorities
  8. Business as usual vs future
  9. Unable to adapt to change

Pada kesempatan berikut nya akan saya bahas satu persatu item diatas.

Fc Hollywood Vs Los Galacticos

April 17, 2012 2 komentar

 

Setelah fakum selama 4 tahun ini, maka tulisan pertama yang terpikir setelah tulisan helloworld sebelum nya adalah tentang pertandingan yang akan dilangsungkan malam nanti, yaitu Real madrid Vs Bayern Munchen. Latar belakang tulisan ini sederhana saja, karena menurut buku karangan “seseorang” yang pernah saya baca, tulislah sesuatu yang menjadi minat mu. Ya saya tekankan lagi Minatmu a.k.a hobimu a.k.a kesukaanmu a.k.a cintamu. Dan menurut dahlan iskan (tokoh yang lagi penuh pro kontra) pekerjaan yang paling enak dunia adalah Hobi yang dibayar. kok jadi ngelantur gini..

Oke, kembali ke laptop,  Secara teori pertandingan nanti malam akan berlangsung seru, tapi sepakbola bukan soal teori dan matematika yang dapat dihitung dengan pasti. Memang secara statistik dapat dibaca dan dipelajari, saya pernah melihat seorang kolega saya dengan cermat memperhitungkan statistik pertandingan , nilai historis, sejarah pertemuan, pemain yang sedang cidera, faktor tuan rumah, dan lain sebagai nya yang “hantu belau” itu untuk memasang taruhan online. Dan pada akhirnya saya simpulkan dari kolega saya itu bahwa semua hanya soal keberuntungan, karena soal judi anda menang yang dapat dosa, kalahpun dapat dosa + bangkrut. Alhamdulillah kolega saya itu sudah insaf dan kembali kejalan yang benar. Mari tinggalkan sejenak cerita kolega saya itu. Mari kita lihat kesiapan secara team dari bayern munchen dan real madrid.

Saya akan mulai dari bayern a.k.a Fc Hollywood, Pertandingan terakhir di bundes liga jelas merupakan hal yang tak ingin diulangin dini hari nanti, karena mereka mendapatkan hasil seri. Konsistensi dari team yang di kapteni oleh Philip Lahm ini jelas masih sangat labil, lebih lebih memasuki paruh kedua musim kompetisi. Tertinggal jauh dari pesaing utama perebutan titel juara bundes liga dari Dortmund akan membuat punggawa Fc Hollywood menggantungkan asa pada turnamen terbesar ditanah eropa ini. Faktor trio penyerang bayern yang diusung oleh Ribery,Robben,dan Romes (Baca: Gomes -Red) a.k.a 2R1G sangat produktif musim ini baik lokal maupun continental. Mario Gomes tengah berada dalam puncak penampilan nya. Menjadi penantang bagi messi dan ronaldo untuk merebut sepatu emas musim ini jelas merupakan indikasi kesuburan penyerah berdarah spanyol ini. Belum lagi Ribery dan Robben yang terkenal dengan dribling cepat dan sepakan bola yang akurat, membuat “trio macan” dari  jerman ini akan sangat membahayakan pertahanan Real Madrid.

Cukup soal Fc Hollywood, Mari kita simak profile Real Madrid untuk pertandingan nanti malam. Los Galacticos sedang memimpin klasmen sementara la liga musim ini dengan selisih 4 poin didepan seteru abadi nya barcelona. 4 Pertandingan terakhir dilalui dengan 2 kali seri dan 2 kali menang. Jelas sekali bahwa mereka sedang berada dibawah tekanan, belum lagi dengan fixtures pekan depan, dimana mereka akan berhadapan dengan seteru abadi nya tersebut di camp nou, menjadi faktor minus madrid untuk pertandingan kali ini. Selain itu Ronaldo saya pikir sudah terlalu sering bermain, yang mengakibatkan kelelahan pada pemain andalan Madrid ini. Tetapi bagaimanapun juga Madrid bukan hanya soal Ronaldo. Sederet pemain bintang seperti Kaka, Benzema, Higuain, Xabi, Sahin, Dimaria siap mengobrak abrik lini pertahanan Bayern. Selain itu juga Mourinho jelas merupakan faktor lain yang menjadi nilai positif untuk kubu Los Galacticos.

Jadi, Setelah melihat dan menganalisa kekuatan team diatas, jelas bayern akan sedikit diuntungkan dengan faktor tuan rumah yang mereka miliki, tetapi apabila mereka kebobolan gol tandang dari Madrid meskipun nanti malam mereka menang, saya memprediksikan bahwa Madrid yang akan lolos ke fase final liga champions musim ini. Tetapi untuk nanti malam, Penulis memprediksi 51 Vs 49 untuk Bayern.

Kata kata bijak yang bisa saya sampaikan kali ini adalah : “Carilah uang dari hobi mu , karena pekerjaan yang paling enak adalah Hobi yang dibayar”

hallo world

April 17, 2012 Tinggalkan komentar

Saya harus akui, blog ini sudah sangat lama tidak diupdate, bahkan ketika saya kembali masuk ke “rumah” ini, lantai nya sudah banyak yang lepas, sarang laba laba terlihat disudut setiap ruangan, dinding yang berlumut, dan kunci pintu yang telah lama hilang. Ya, kunci pintu nya telah hilang, sehigga saya harus ketukang kunci yang bernama “forgot password” untuk mengirim kunci replika yang mereka simpan.

Berawal dari teguran seorang teman tentang blog ini yang sudah lama tidak diupdate dan waktu luang yang sudah mulai banyak (“penganguran digaji”), doakan saya agar bisa membrikan content yang lebih bermutu di blog ini. Mungkin tidak hanya soal sepakbola yang sangat cintai, tapi mungkin tentang pekerjaan yang bisa memberikan masukan buat semua yang membaca. Karena saya merasa lebih dewasa dari tahun 2008, lebih banyak ilmu yang bisa saya bagi.

Sungguh senang bisa kembali, Menulis adalah hal yang sangat ingin saya tekuni. Berharap tulisan yang saya buat bisa berguna buat semua.

Terimakasih atas doa dan dukungan nya.
Penulis.

Kategori:Tak Berkategori Tag:

ke dufan

Juni 20, 2008 2 komentar

Pada Tanggal 14 juni 2008, saat jakarta sedang mendung terdapat lah 2 orang mahluk yang ingin maen ke dufan..hallahh..formil banget sih.. oke sebenar nya dah lama pengen pergi ke dufan dengan ‘mama’ tercinta ( kalo yang sering futsal pas masih jadi mahasiswa,pasti tahu ‘mama’ nyang ane maksud ) gara gara satu dan lain lain lain lain lain ………. hal,maka kita belum bisa mewujudkan keinginan jalan jalan ini..nahhh karena lagi ngak ada kerjaan dari oboss maka saya dah rencanain buat pergi ke dufan ama ‘mama’. btw anyway busway subway waterway norway..saya berangkat pagi pagi menjemput ‘mama’ ke pondok cabe, ngomong ngomong tentang pondok cabe, kemacetan di jalan menuju pondok cabe menurut saya sudah sangat parah sekali, mungkin lebih cepetan semut marathon dari pada naik mobil disini..pokok nya parah banget sudah ngak manusiawi lagi. maka nya ane berangkat pagi pagi menjemput ‘mama’,supaya ngak kena macet.

cerita punya cerita,berdasarkan kesepakatan kemaren,kami memilih sarana angkutan publik yang lagi ngetop dijakarta yaitu BUSWAY. Selain itu saya juga penasaran ama BUSWAY GANDENG yang pernah saya lihat di tv ketika peresmian nya. perjalanan dimulai dari pondok cabe kelebak bulus. naik angkot berwarna putih saya duduk didepan,disamping pak supir yang sedang bekerja,’mama’ duduk di belakang karena dah penuh. dari lebak bulus kami lanjut menuju ke ragunan menggunakan bis ‘hancur’ yang berlabel KOPAJA. sampai di halte busway smk 57 kami turun dan melanjutkan perjalanan dengan busway. karena ini hari sabtu dan lagi liburan sekolah maka tak disangka tak di nyana halte busway penuh sesak oleh orang orang yang pengen liburan juga..dari smk 57 kami turun di halte halimun..dari halimun nyambung ke matraman. dari matraman langsung ke ancol..fuihhh capekk banget ternyata..sampai lah di ‘tkp’ saat benda bundar yang ada di pergelangan tangan saya menunjukkan pukul 11.xx..(X saya lupa,pokok nya jam 11an hehehe)

karena saya capek juga maka saya putus kan postingan kali ini bersambung aja…

jangan lupa edisi selanjut nya…kekekekeke

Kategori:talking talking

Kembali ke Akuntansi

Juni 11, 2008 11 komentar

Beberapa waktu yang lalu saya diutus perusahaan untuk les akuntansi selama seminggu di LPPM jakarta. Sebenar nya saya agak alergi jika ada kata kata ‘akuntansi’ sebab ada pengalaman buruk tentang ‘akuntansi’ ketika saya di SMA dulu. Pernah suatu ketika pada saat kura kura masih maen petak umpet dengan manusia..hallah..ehemmm..saat pelajaran ekonomi di sma dulu tepat nya kelas 2, saya selalu dihukum apabila ada tugas soal neraca,jurnal,atau buku besar. Soal nya saya kurang suka dengan pelajaran ini,karena saya berprinsip,ekonomi itu ngak ada guna nya buat saya..toh pedagang dipasar ngak perlu ilmu akuntansi buat ngitung harga cabe 1 kg nya dan ‘koh akong’ tetep aja kaya walaupun dia cuma tamat SD,ngak pake ilmu akuntansi tuhh..kan akuntansi ngak berguna untuk jurusan ipa..oleh karena itu PR ekonomi ngak pernah saya kerjain kecuali ‘kopas’ dari kawan sekelas..dan akhir nya ilmu ekonomi saya = 0 besarrrr..yang saya ingat dari pelajaran ekonomi saat SMA cuma ekonomi berasal dari 2 kata eko dan nomi..yang arti nya adalah (artiin sendiri)..

kembali ke permsalahan les akuntansi di LPPM..dengan gagah berani dan pengetahuan akuntansi yang 0 Besarr, saya memulai les di LPPM.Instruktur saya waktu itu adalah Ibu Aurora..dengan jumlah peserta 10 orang kelas terasa lebih lega dan nyaman..Berikut resume les saya selama 1 minggu

Hari Pertama : Di awali dengan perkenalan dan makan makan..setelah makan di lanjutkan dengan bahasan sejarah ekonomi..saya masih melek dan ngerti tentang bahasan hari pertama. Dengan senyum lebar saya pulang kekos.

Hari Kedua : Membahas masalah jurnal,buku besar, dan alur penjurnalan.. Saya pulang kekos dengan senyum yang sedikit lebar karena hanya pusing sedikit..

Hari Ketiga : Membahas tentang Neraca,Profil n loss,COGS,dan istilah istilah lain..Saya pulang kekos dengan dengan wajah tanpa ekspresi..karena udah ngak ngerti istilah nya di tambah lagi banyak PR yang harus di kerjakan dirumah

Hari keempat s/d selanjut nya : Pikir sendiri ekspresi wajah saya..hahahahaha

Apakah les Akuntansi ini berhasil??? Saya jawab dengan lantang “Berhasil”..hahahaha..walaupun tidak semua pelajaran saya mengerti,saya menjadi lebih tahu tentang akuntansi..setidak nya saya mendapat nilai akhir tertinggi dari pada teman teman 1 angkatan..(narsis mode : on)..saya juga kaget dengan nilai yang saya peroleh,Luar biasa..kayak nya saya harus puasa mutih selama 7 hari 7 malam ..

Manfaat dari les akuntansi pun banyak sekali,saya menjadi tahu bahwa baik buruk nya perusahaan dapat dinilai dari akuntan yang ada di perusahaan tersebut..Saya juga menjadi mengerti alur / siklus akuntansi. Saya juga menjadi mengerti bagaimana berinvestasi..Saya juga menjadi tahu bagaimana proses kerja Bank ,keburukan yang ditimbulkan bank, dan trik dalam bank terjadi.

akhir nya saya mengucapkan terimakasih buat perusahaan saya yang telah membawa saya ke dunia akuntansi,ibu aurora yang dengan sabar mendidik saya walaupun sering saya jahili,teman teman satu kelas les akuntansi yang tidak bisa saya sebut nama nya satu persatu. dan tentu saya yang paling utama ALLAH SWT atas ilmu yang bisa saya terima..

kata kata bijak kali ini :

“Belajarlah Akuntansi sebelum Akuntasi itu dilarang”

Metro Dalam Pandangan Mata

Juni 9, 2008 14 komentar

Setelah bung agung aka ‘kul’ aka ‘grandong’ nulis tentang duri yang menggiurkan,saya jadi terinpirasi dengan pengalaman saya selama ‘ngantor’ di lampung selama 2 bulan (lama banget ya,saya baru sadar kalo saya sudah selama itu di lampung).

Lampung terkenal dengan tempat lahir nya arif ‘jenggot’ firmawan..eh salah..lampung terkenal sebagai gerbang pintu sumatera..orang orang dari jawa yang ingin kesumatera melalui jalan darat akan memilih lampung sebagai pintu masuk ke sumatera (ya iyalahhh, masa’ ya iya dong). Kalau naik pesawat dari jakarta,cuma 30 menit sahaja. cepat sekali bukann..(bukannnnn). Saya pernah ketika dipesawat masuk toilet untuk menyalurkan hasrat..BAB..belum selesai saya menyelesaikan hajat,saya sudah di gedor sama pramugari sriwijaya air fc supaya balik ke tempat duduk karena pesawat dah mau mendaratt..karena saya takut di dobrak sama pramugari nya,saya terpaksa menahan ‘pasukan pasukan’ yang udah mau keluar tersebut.,waduhhh terbayang dong ekspresi muka saya pada saat ‘detik detik penyiksaan’ pendaratan..mana pendaratan nya kasar lagi..kayak nya pilot nya ngambil sim ‘tembak’.lho kok malah curhatt mana pandangan mata nya???

Kota yang paling berkesan selama saya di lampung adalah kota Metro. Kota yang satu ini sangat bersih sekali. kata nya sih di Metro sudah seperti disingapura,karena kalau buang sampah sembarangan bakal didenda. Maka tak ayal lagi kota metro sangat bersih dan tertata rapi. Penduduk nya juga padat tetapi rapi,tidak seperti diibukota negara kita tercinta yang padat dan semrawutttt. Selama saya di lampung saya sudah 3 kali ke kota Metro, Untuk refreshing setiap akhir pekan. Taman kota nya juga dipadati penduduk,terutama pada weekend dan kalau ada acara tertentu. Jagung Bakar menjadi santapan utama di taman kota ini. Makanan yang enak juga banyak dikota ini,yang menjadi favorite saya adalah ‘Pindang Patin’..Wuihh rasa nya maknyussss..uenake poolllll..apalagi saat hujan dan dihidangkan saat masih hangat..waduhhh saya aja ngiler pas nulis tulisan ini..memang sih ‘pindang’ merupakan makanan khas palembang,berhubung saya belum pernah merasakan pindang yang seenak di metro maka saya memberikan nilai 5 bintang buat hidangan yang satu ini.

sayang nya saya ngak sempat menjepret kota metro,mungkin karena tujuan saya kesana cuma untuk makan pindang patin kali ya..Tapi lain kali,pasti saya bakal mengabadikan momen di metro..

kata kata bijak untuk kali ini adalah

“makan lah sebelum makan itu dilarang”

Kategori:1 Tag:, ,

futsal

April 9, 2008 4 komentar

hari minggu yang lalu saya secara tidak sengaja nonton acara yamaha futsal yang ditayang kan disalah dua stasiun swasta. setelah nonton acara yang berdurasi 30 menit itu terlintas masa masa dimana futsal selalu menjadi no 1 dalam keseharian saya. setiap minggu saya selalu main futsal, baik dengan anak 2001 ataupun dengan para voipers atau bahkan dengan orang yang ngak pernah saya kenal. futsal telah mendarah daging dalam kehidupan saya selama menjadi mahasiswa. jadwal nya pun selalu teratur, jumat sore dengan voipers dan minggu pagi dengan anak 2001 (biner). bahkan kadang kadang kalo ngak mau disebut sering setiap sore saya bersama saudara saya satu perguruan yudistira ( baca hanafi / kendep / ahmat kayak nya harus bikin tulisan sendiri kalo menyangkut mahluk yang satu ini ) sering menyambangi kampus fti dengan maksud ingin bermain futsal.
bagi saya futsal adalah olah raga yang super duper menyenangkan. saya juga sering latihan disore hari di mess perguruan yudistira dan partner latihan saya tentu saja mahluk yang saya sebut diatas. kita juga sering melatih skill di ruangan tamu kos yang berukuran 6 x 6 tapi tentu saja disana lebih banyak barang barang seperti kursi,meja kardus dari pada space kosong hanya untuk sekedar jugling. tapi semangat pantang menyerah saudara saya tersebut lah yang membuat saya jadi lebih semangat. kadang kadang kita latihan setelah melihat cuplikan skill para pemain dunia seperti ronaldinho,CR7, Ronaldo,Zidane dan banyak lagi. dan biasa nya setelah itu kita langsung praktekkan apa yang telah dilihat tadi, tentu saja tidak mudah bagi pemain amatir seperti kami berdua (sering juga ber 3 atau ber 4 dengan tambahan teman satu perguruan ). butuh 2 sampai 3 hari untuk bisa menemukan kunci bagaimana mereka bisa melakukan nya.
sudah lama saya tidak berfutsal ria lagi. ada kerinduan yang teramat sangat untuk main futsal lagi.sudah lama saya tidak menikmati setiap nafas dan canda tawa dalam permainan ini. tetes keringat, capek selalu setimpal dengan perasaan yang saya rasakan setiap bermain futsal.

kata kata bijak hari ini
Kesenangan adalah kesedihan yang terbuka bekasnya. Tawa dan airmata datang dari sumber yang sama.
Semakin dalam kesedihan menggoreskan luka ke dalam jiwa semakin mampu sang jiwa menampung kebahagiaan

Kategori:1
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.